Scanning Port & Deteksi Operating System Komputer Dengan Nmap

Dalam dunia hacking tahap awal yang kita lakukan tentunya melakukan pengecekan terhadap system yang akan kita serang. Kita harus melihat Operating System apa yang dia gunakan, serta port atau servis apa saja yang sedang berjalan.

Pada tutorial sebelumnya saya sudah bahas cara mengetahui komputer yang aktif dalam satu jaringan. Kali ini setelah kita temukan komputer yang sudah aktif, maka kita melakukan scanning port sekaligus deteksi Operating Systemnya.

Saya menggunakan Operating System Backtrack 5 R2, dan tools yang saya gunakan Nmap. Berikut perintah yang saya gunakan pada nmap.




nmap -O 192.168.1.80

Maka hasilnya akan tampak pada gambar dibawah.




Cara lain dari nmap -O 192.168.1.80 adalah

nmap -A -T4 192.168.1.80

Cara ini akan menghasilkan data yang lebih lengkap seperti Workgroup, Computer Name, SMB Security, http-title, http-method, dan traceroute. Seperti gambar dibawah.



Dari hasil diatas, kita sudah dapat melihat servis atau port yang sedang berjalan serta Operating System yang digunakan. Sekian share dari saya semoga bermanfaat, God Bless Us.
Share on Google Plus

About Mr.J

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar